Kelainan dan Penyakit pada Sistem Gerak

1. Riketsia

Riketsia terjadi karena kekurangan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dan fosfor dari darah hingga pengerasan tulang. Penyakit ini terjadi pada anak. Riketsia menyebabkan tulang kaki tumbuh membengkok. Penyembuhan dan pencegahan dari penyakit
ini adalah dengan penambahan kalsium, fosfor, dan vitamin D ke dalam diet. Vitamin D bisa didapat dengan berjemur di panas matahari.

2. Osteoporosis

Osteoporosis disebabkan karena kekurangan mineral. Cobalah ingat kembali macam mineral penyusun tulangmu! Osteoporosis umumnya terjadi pada orang dewasa. Orang tua biasanya menghasilkan lebih sedikit hormon, sehingga osteoblast sebagai pembentuk tulang kurang aktif, dan massa tulangpun jadi berkurang. Tulang yang kekurangan mineral menjadi rapuh dan mudah patah.

3. Fraktura (Patah Tulang)

Meskipun kuat dan lentur, tulang-tulang bisa patah. Patahnya tulang disebut fraktura. Fraktura tertutup terjadi jika tulang patah tetapi bagian ujung yang patah tidah menembus kulit. Fraktura terbuka terjadi jika ujung tulang yang patah keluar menembus kulit.

Dalam masa penyembuhan, ujung patahan tulang harus saling ditempelkan. Periosteum akan membuat sel-sel tulang baru. Jaringan tulang baru yang tebal (disebut kalus) terbentuk di sekitar patahan menutup keretakan. Jaringan yang bertambah tebal tersebut hilang saat tulang kembali ke bentuk semula dengan bantuan osteoklast. Penyembuhan patah atau retaknya tulang selalu dibantu dengan pembalut agar tidak mudah bergeser.

4. Artritis

Artritis adalah penyakit sendi. Penderita penyakit ini mempunyai tulang rawan sendi yang rusak. Kerusakan ini menyebabkan sendi menjadi sakit dan bengkok. Kadangkadang sendi yang terkena artritis tidak dapat digerakkan. Rematik adalah salah satu bentuk artritis.  Sebab terjadinya artritis belum diketahui dengan pasti. Menghindari infeksi yang akut dan mengonsumsi makanan yang seimbang mengurangi terjadinya artritis.

5. Lordosis

Lordosis merupakan kelainan dengan melengkungnya tulang belakang yang berlebihan ke arah depan di bagian pinggang. Orang yang mengalami kelainan ini pinggangnya terlihat lebih menonjol ke depan. Lordosis bisa disebabkan karena perut penderita yang terlalu besar (misalnya karena hamil atau kegemukan), riketsia, atau karena kebiasaan yang salah.

6. Kifosis

Kifosis merupakan kelainan dengan melengkungnya tulang belakang yang berlebihan di bagian dada ke arah belakang. Penderita kifosis tubuhnya terlihat bungkuk. Kifosis bisa disebabkan karena, penyakit (misalnya TBC dan riketsia) atau kebiasaan duduk yang salah.

7. Skoliosis

Skoliosis adalah melengkungnya tulang belakang ke arah samping. Skoliosis bisa disebabkan oleh polio atau kebiasaan duduk atau berposisi yang salah.

32 Komentar (+add yours?)

  1. rara
    Apr 03, 2014 @ 04:37:47

    makasih infonyaaa;)

    Balas

  2. brian putar
    Mei 21, 2014 @ 18:22:14

    infonya biasa aja

    Balas

  3. alil bakal
    Mei 21, 2014 @ 18:25:04

    tterima kasih atas informasinya semoga tidak bermanfaat bagi kita semua

    Balas

  4. Trackback: Sistem Gerak pada Manusia | hurufvokal
  5. gani fais
    Sep 06, 2014 @ 18:44:29

    tega bngt sh loh,dh di ksih tau infonya bukannya trima ksih mlah di hina

    Balas

  6. anisa
    Sep 06, 2014 @ 18:47:49

    y bner bnget tuh kta gani

    Balas

  7. indriyani
    Sep 14, 2014 @ 19:01:53

    makasi ya atas infonya

    Balas

  8. NUR FADILA
    Sep 15, 2014 @ 15:53:35

    MAKASIHHH BANGET ATAS INFOOO NYYYAAA

    Balas

  9. nola
    Sep 16, 2014 @ 19:44:03

    mkasih ya

    Balas

  10. opang
    Sep 17, 2014 @ 19:48:09

    alhamdulillah bertambah ilmu

    Balas

  11. naomi
    Sep 24, 2014 @ 08:46:22

    mksih Ya atas info nya

    Balas

  12. Iqbal Riyanto
    Sep 30, 2014 @ 18:56:45

    Terimakasih Atas Infonya…….. Info Ini Sangat *****Tidak***** berguna.. :v

    Balas

  13. Rizka
    Okt 13, 2014 @ 13:53:50

    Ini sangat penting baut pelajaran sekolah.. terima kasih atas infonya

    Balas

  14. deannisa
    Okt 13, 2014 @ 19:34:18

    maksih banyak infonya :) tambah ilmunya :)

    Balas

  15. Alyaa haniifah
    Okt 15, 2014 @ 07:46:59

    makasih infonya :)

    Balas

  16. icham
    Okt 17, 2014 @ 18:53:37

    bermnfaat banget

    Balas

  17. mhia.kocak@facebook.com
    Okt 26, 2014 @ 16:02:43

    sangat membantu
    untuk pekerjaan skolah

    Balas

  18. farouq
    Okt 26, 2014 @ 20:44:36

    terima kasih infonya

    Balas

  19. hamba Allah
    Okt 29, 2014 @ 14:58:44

    info apaan nih dikit banget jawaban nya, buat yng panjang2 dan lebih lengkap ngpa????? :v

    Balas

  20. Andini
    Nov 03, 2014 @ 18:58:04

    Kurang lengkap krena bnyak yang tidak lengkap dgan apa yang ad dibuku.. Tolong dilengkapi lagii oke !!!.. :). Dan saya terima kasih atas info nya .. Folow admin Diniandini

    Balas

  21. Lio Pasalu
    Nov 09, 2014 @ 07:57:39

    Seperti di dalam buku IPA kelas 8

    Balas

  22. andrian
    Nov 09, 2014 @ 20:12:47

    betul sekali lio seperti ada di buku kelas 8 kurikulum 2013

    Balas

  23. andrian
    Nov 09, 2014 @ 20:16:05

    udah baik di kasih tau , kok malah di hina.

    Balas

  24. aldi way
    Nov 17, 2014 @ 17:24:53

    Jaawabannya betul

    Balas

  25. agil
    Des 05, 2014 @ 14:16:06

    emang bener jawabanya

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: